Pengertian Cerpen Adalah dan Penjelesannya Secara Lengkap

Lebynet.id Pengertian Cerpen, Cerita pendek atau yang sering disingkat cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang hanya memiliki satu tahapan alur cerita.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cerita berarti tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal atau karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, penderitaan orang, atau kejadian baik yang sungguh terjadi maupun hanya rekaan belaka. Sesuai namanya, cerpen berisi tentang kehidupan yang diceritakan secara singkat dan padat, langsung ke inti cerita.

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah karya imajinasi yang ditulis dalam jumlah halaman yang sangat terbatas. Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Sebagai karya imajinasi, cerpen ini bersifat subjektif. Cerita yang ditulis bergantung pada kebebasan berpikir dari penulis.

Semakin luas imajinasi penulis, maka cerpen akan semakin menarik untuk dibaca. Dari segi teknis, cerpen adalah karya imajinatif yang memiliki beberapa aturan penulisan. Sehingga cerpen memiliki struktur penulisan dan memiliki dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang struktur cerpen dan unsur-unsur yang ada dalam cerpen.

Ciri-Ciri Cerpen

Cerpen memiliki ciri-ciri yang berbeda dari jenis prosa lainnya, antara lain:

  1. Terdiri dari 1.600 hingga 10.000 kata, sehingga membutuhkan waktu 10 hingga 30 menit untuk dibaca.
  2. Cerpen biasanya berfokus pada satu subjek atau tema, yang seringkali berupa hal-hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki nilai moral yang tinggi.
  3. Cerpen biasanya hanya berlangsung dalam satu latar, sehingga fokus pada satu alur dan hanya memiliki satu konflik tidak ada konflik turunan.
  4. Cerpen biasanya fokus pada satu atau beberapa karakter, sehingga karakter tersebut bersifat datar atau tidak mengalami perubahan dari awal hingga akhir cerita.
  5. Diksi yang digunakan mudah dipahami.

Struktur Cerpen

Sebuah cerpen biasanya terdiri atas 5 elemen dasar dan tambahan abstrak apabila diperlukan untuk menyusun sebuah cerpen. Berikut adalah struktur penyusun cerpen :

  1. Abstrak: merupakan ringkasan dari cerita yang akan disampaikan. Abstrak merupakan bagian tambahan dari sebuah cerpen dan tidak selalu ada dalam setiap cerpen.
  2. Orientasi: menjelaskan tentang latar waktu, tempat, dan suasana yang ada dalam cerpen.
  3. Komplikasi: struktur yang menjelaskan masalah yang dihadapi oleh tokoh dan karakter tokoh yang diperkenalkan.
  4. Evaluasi: masalah yang diuraikan semakin memuncak dan menjadi lebih kompleks.
  5. Resolusi: merupakan akhir dari masalah yang ada dalam cerpen dan solusi dari masalah tersebut diterangkan.
  6. Koda: pesan moral yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Jenis-jenis Cerpen

Tidak selamanya semua cerita yang berukuran pendek dikategorikan dalam cerita pendek semuanya. Ada beberapa jenis dari cerita pendek / cerpen yang biasanya dibuat oleh penulis. Berikut ini berbagai jenis cerpen yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Cerpen Pendek

Cerpen pendek adalah jenis cerita yang lebih singkat dibandingkan jenis cerita pendek lainnya. Panjang kata yang digunakan sekitar 500 hingga 700 kata. Seperti yang kita ketahui, cerita pendek adalah jenis cerita yang kurang dari 10.000 kata.

2. Cerpen Sedang

Cerpen sedang adalah jenis cerita pendek kedua yang ada. Biasanya memiliki panjang sekitar 700 hingga 1.000 kata. Cerpen sedang cenderung mudah ditemukan pada buku-buku pelajaran sekolah karena dianggap efektif dan menarik perhatian.

3. Cerpen Panjang

Cerpen panjang adalah jenis cerpen terakhir yang ada. Biasanya dibuat dengan panjang sekitar 1.000 kata atau lebih, bahkan ada cerpen yang panjangnya mencapai 5.000 kata atau bahkan 10.000 kata. Jenis cerpen ini ditandai dengan penuturan yang santai dan leluasa.

Unsur – Unsur dalam Cerpen

1. Unsur Intrinsik

Tema

Adalah gagasan utama atau ide penting yang harus ada dalam sebuah cerpen, menjadi dasar dari jalan cerita cerpen. Tema dapat dilihat secara langsung dalam cerita, baik tersurat atau tersirat, sehingga pembaca harus dapat menganalisis dan menyimpulkan tema yang ada dalam cerpen tersebut.

Alur / Plot

Alur adalah jalan dari sebuah cerita karya sastra. Secara umum, alur adalah urutan atau tahap jalannya cerita, yaitu : perkenalan > munculnya konflik > konflik yang semakin intens > terjadinya konflik yang paling tinggi (klimaks) > penurunan konflik atau penyelesaian konflik > penyelesaian.

Setting

Setting sangat erat kaitanya dengan tempat atau latar, waktu, dan suasana dalam sebuah karya cerpen tersebut.

Tokoh

Tokoh adalah seseorang yang terlibat dalam cerita. Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda-beda dan berbeda dari tokoh lain. Dalam cerita terdapat dua jenis tokoh yaitu protagonis (baik) dan antagonis (jahat) serta tokoh pendukung atau figuran.

Penokohan

Penokohan adalah memberikan sifat pada tokoh atau pelaku dalam cerita. Sifat yang diberikan dapat dilihat dalam pikiran, ucapan, dan pandangan tokoh terhadap suatu hal.

 

2. Unsur Ekstrinsik

Latar Belakang Masyarakat

Latar belakang masyarakat adalah pengaruh dari kondisi masyarakat yang mempengaruhi jalannya cerita. Hal ini dapat dikaji dari ideologi negara, kondisi sosial masyarakat, situasi politik, dan kondisi ekonomi yang ada pada masyarakat itu sendiri.

Latar Belakang Pengarang

Latar belakang pengarang bisa meliputi pemahaman seorang pengarang terhadap sejarah hidup dan sejarah hasil karangan yang telah pengarang buat sebelumnya.

Biografi

Biografi berisi tentang sejarah hidup penulis cerita yang ditulis secara keseluruhan oleh penulis tersebut.

Kondisi Psikologis

Kondisi psikologis berisi tentang pemahaman tentang suasana hati saat penulis menulis cerita tersebut.

Aliran Sastra

Aliran sastra seorang penulis pasti akan mengikuti aliran sastra tertentu, hal ini sangat berpengaruh terhadap cara penulis menulis dalam membuat cerita dalam cerpen tersebut.

Nilai yang terkandung dalam Cerpen

Nilai yang terdapat dalam cerpen ini seperti nilai keagamaan, nilai sosial, nilai moral dan nilai budaya.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Cerpen Adalah dan Penjelesannya Secara Lengkap, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat kalian ya. Terima kasih

About LEBY NET

Check Also

Contoh Proposal Kegiatan

Contoh Proposal Kegiatan yang Baik dan Mudah di Pahami

Lebynet.id – Contoh proposal kegiatan yang baik merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki …