Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Versi M.01 (Kurikulum Merdeka) Terbaru

Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Versi M.01 –Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan memberikan uraian dan pembahasan mengenai Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Versi M.01 Kurikulum Merdeka. Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Versi M.01 ini bisa di manfaatkan buat kalian yang belum begitu memahami mengenai aplikasi E-rapor SMP Versi M01 kurikulum merdeka.

Kemendikbudristek secara resmi memang sudah meluncurkan aplikasi E-rapor kurikulum merdeka tentang SMP tahun aajaran terbaru, aplikasi E-rapor ini di luncurkan dan diresmikan secara daring tepatnya pada hari rabu Tanggal 30 november 2022. Aplikasi E-rapor ini nantinya akan membantu guru dan satuan pendidikan melaporkan hasil pembelajaran siswa untuk bisa langsung di komunikasikan ke orang tua siswa atau wali murid.

Selain itu Aplikasi E-rapor ini juga akan meringankan beban administrasi guru, aplikasi E-rapor ini juga sudah terkoneksi dengan dapodik, sehingga guru sudah tidak perlu lagi menginput data siswa di aplikasi E-rapor. Prinsip memudahkan guru inilah yang di kembangkan secara sederhana agar mudah di gunakan. Nah untuk memudahkan guru dan satuan pendidikan dalam menggunakan E-rapor maka kemdikbudrsitek sudah menyiapkan

Aplikasi E-rapor KM SMP adalah aplikasi perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi siswa (Rapor) pada satuan pendidikan jenjang SMP yang sudah melaksanakan Kurikulum merdeka. E-rapor KM SMP di kembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian/asesmen sebagaimana termuat dalam panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka tahun 2022 dan panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila tahun ajaran 2022/2023.

Panduan Instalasi e-Rapor SMP Versi M01 Kurikulum Merdeka

Untuk melakukan instalasi e-Rapor KM, langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Unduh Aplikasi E-Rapor Kurikulum Merdeka
  2. Setelah berhasil unduh, buka aplikasi dengan cara klik kanan mouse kemudian pilih Run as Administrator.
  3. Ikuti setiap tahapan hingga selesai.
  4. E-rapor KM SMP berjalan dengan Port 7759, bisa diakses menggunakan browser dengan URL localhost:7759 atau nomor ip server erapor:7759.
  5. Untuk pertama kali login sebagai administrator, gunakan user login yang sudah didaftarkan pada saat registrasi.
  6. Jika belum melakukan registrasi silahkan login menggunakan akun admin default berikut : User Name : Administrator, Password : administrator.
  7. Untuk login sebagai guru, user dan password digenerate oleh administrator pada menu user. Secara default adalah nama (huruf kecil semua) atau NIP, password adalah : eraporkm123456.
  8. Untuk login sebagai siswa, user dan password digenerate oleh administrator pada menu user. Secara default username adalah nisn, password adalah eraporkm123456.

Berikut link download file PDF yang bisa kalian manfaatkan mengenai :

  1. Penjelasan Singkat Aplikasi e-Rapor SMP Versi M.01 Kurikulum Merdeka : KLIK DISINI
  2. Petunjuk Instalasi e-Rapor SMP Kurikulum Merdeka Versi M.01 : KLIK DISINI
  3. Manual Administrator e-Rapor SMP Kurikulum Merdeka Versi M.01 : KLIK DISINI
  4. Manual Siswa e-Rapor SMP Kurikulum Merdeka Versi M.01 : KLIK DISINI

 

Demikian pembahasan mengenai Panduan Aplikasi E-Rapor SMP Versi M.01 (Kurikulum Merdeka) Terbaru, Semoga bermanfaat

About LEBY NET

Check Also

Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)

Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)

Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)-Yuk simak buat kalian, pada pertemuan kali ini mimin …