Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling BK (SMP)

Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling-Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling BK (SMP). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) untuk SMP.

Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama (SMP) adalah salah satu bentuk fasilitasi siswa agar bisa mencapai perkembangan secara optimal. Semasa SMP siswa di tuntut untuk menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengambil pilihan,bertanggung jawab dan memiliki daya adaptasi tinggi terhadap dinamika kehidupan yang di hadapinya.

Eksistensi bimbingan dan konseling bisa di lihat dari irisan capaian pelayanannya sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan hidup, profil pelajar pancasila dan penguatan pendidikan karakter siswa.

Sehubungan dengan hal itu, pemerintah melalui pusat kurikulum dan perbukuan, badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan kementrian pendidikan,kebudyaan,riset dan teknologi (kemendikbudristek) berupaya menguatkan peran layanan bimbingan dan konseling dengan menyusun model inspiratif layanan dan bimbingan dan konseling yang mengacu pada dokumen capaian layanan yang sudah di kembangkan.

Dengan harapan satuan pendidikan bisa mengembangkan sendiri perangkat layanan bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi siswa dalam mengaktualiasasi dirinya dan mencerminkan profil pelajar pancasila seutuhnya.

TUJUAN

Model layanan bimbingan dan konseling di SMP ini bertujuan untuk menginspirasi guru bimbingan dan konseling di satuan pendidikan terkait. Layanan pendidikan psikoedukasi di berikan kepada siswa agar bisa mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya. Tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi,sosial,belajar,karir diharapkan bisa di kembangkan secara utuh dan optimal.

RUANG LINGKUP

Model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling ini merupakan panduan untuk Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan dalam menyusun program Bimbingan dan Konseling.

Selain itu, model ini di harapkan bisa menjadi pedoman untuk melaksanakan layanan dan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan. Model inspiratif layanan bimbingan dan konseling ini terdiri dari perencanan,pelaksanaan dan evaluasi. Pada bagian perencanaan, guru bimbingan dan konseling menyusun program bimbingan dan konseliing atas dasar hasil dari asesmen kebutuhan siswa.

Penyusunan program bimbingan dan konseling disampaikan kepada kepala sekolah dan dewan guru sebagai bentuk membangun kerjasama dan menciptakan dukungan sistem yang kondusif di satuan pendidikan. Pelaksanaan program dalam bentuk alternatif kegiatan yang akan menginspirasi guru bimbingan dan konseling dalam menyusun kegiatan layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikannya.

PENGGUNA

  1. Guru Bimbingan dan Konseling/konselor, dalam menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling.
  2. Kepala sekolah dalam memfasilitasi terselenggaranya layanan, supervisi, dan evaluasi layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan.
  3. Komite sekolah dalam memberikan dukungan bagi penyelenggaraan bimbingan dan konseling.
  4. Pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi dan pembinaan penyelenggaraan program pendidikan di sekolah, khususnya bimbingan dan konseling.
  5. Dinas pendidikan dalam menetapkan kebijakan yang mendukung penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah.
  6. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan dan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) dalam mengembangkan sebagai bahan sosialisasi, pelatihan, dan atau bimbingan teknis.
  7. Lembaga pendidikan calon Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyiapkan calon Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
  8. Organisasi profesi bimbingan dan konseling dalam memberikan dukungan dalam pengembangan profesionalisme anggotanya, terutama Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.

 

Berikut file PDF mengenai uraian Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMP : KLIK DISINI

 

Demikian pembahasan ulasan mengenai Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMP. Semoga bisa bermanfaat

About LEBY NET

Check Also

Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)

Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)

Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)-Yuk simak buat kalian, pada pertemuan kali ini mimin …