Definisi dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Perlu Kalian Tahu

Definisi dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter-Yuk simak, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan uraian mengenai Definisi dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Perlu Kalian Tahu.

Pendidikan Karakter

Pendidikan dilakukan sepanjang hayat,pendidikan diberikan dari usia dini dan bisa dilakukan dilingkungan formar atau nonformal. Pendidikan ini sangat penting diberikan kepada anak sejak usia sini,karena merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki intelektual yang tinggi dan karakter yang kuat.

Pengertian Karakter Menurut Beberapa Ahli

  1. Suharjana (Ary Kristiyani, 2014: 253) ialah sebuah “Karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas setiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara”.
  2. Daryanto dan Suyatri (2013: 64) mendefinisikan “Karakter sebagai pola perilaku yang bersifat individual dan keadaan moral seseorang”.
  3. Sutarjo Adisusilo (2012: 78) juga mendefinisikan “Karakter adalah seperangkat nilai yang telah menjadi kebiasaan hidup sehingga menjadi sifat tetap dalam diri seseorang, misalnya kerja keras, pantang menyerah, jujur, sederhana, dan lain-lain”.
  4. Berdasarkan definisi karakter diatas maka diambil kesimpulan bahwa karakter adalah buah dari hasil pembiasaan yang dilakukan seseorang berupa sikap,perilaku,atau pikiran sehingga sudah melekat pada pribadi tersebut dan bernilai baik dan buruk
Baca Juga:  Kalender Pendidikan SMA 2022/2023: Jadwal UTS, UAS, US, dan Seleksi PTN Lengkap Buat Kalian

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter dari siswa tersebut. Guru membantu membentuk watak siswa, hal ini mencakuo keteladanan bagaimana perilaku guru,cara guru berbicara dan menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi serta berbagai hal terkait lainnya. Pendidikan karakter ini memiliki tujuan dan fungsi yang tertuang dalam UU no 20 th 2003 mengenai sisdiknas menyatakan bahwa:

Yang pada intinya tujuan utama dari perndidikan karakter adalah membentuk bangsa yang tangguh,berakhlak mulia,bermoral,bertoleransi bekerja sama,mempunyai jiwa patriotik,berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Beberapa fungsi penting dari pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berpikiran yang baik. Daryanto dan Suyatri (2013: 44) membagi fungsi dari pendidikan karakter itu yaitu:

  1. mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
  2. memberpkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultural
  3. meningkatkan peradaban bangasa yang kompetitif dalam pergaulan dunia
Baca Juga:  Buku Guru dan Siswa Mapel Informatika Kelas 10 (Kurikulum Merdeka)

Pendidikan karakter ini tidak hanya dilakukan dilingkungan sekolah saja,diluar lingkungan sekolah juga bisa dilakukan,seperti lingkungan keluarga,pemerintahan,dunia usaha dan bisa dilakukan melalui media teknologi.

Nilai-nilai Pembentuk Karakter

Satuan pendidikan sebenarnya sudah mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai pembentuk karakter melalui program operasional satuan pendidikan masing-masing. Hal ini adalah prakondisi pendidikan karakter pada satuan pendidikan yang unutk selanjutnya pada saat ini diperkuat dengan 18 nilai hasil kajian empirik pusat kurikulum.

Daryanto dan Suyatri (2013: 47) mengatakan dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:

  1. Jujur
  2. Toleransi
  3. Disiplin
  4. Kerja keras
  5. Kreatif
  6. Mandiri
  7. Demokratis
  8. Rasa Ingin Tahu
  9. Semangat Kebangsaan
  10. Cinta Tanah Air
  11. Menghargai Prestasi
  12. Bersahabat/Komunikatif
  13. Cinta Damai
  14. Gemar Membaca
  15. Peduli Lingkungan
  16. Peduli Sosial
  17. Tanggung Jawab
  18. Religius

Meskipun sudah ada 18 nilai pembentuk karakter bangsa, namun satuan pendidikan bisa menentukan prioritas pengembangnya dengan cara melanjutkan nilai prakondisi yang diperkuat dengan beberapa nilai yang di prioritaskan dari 18 nilai diatas. Didalam implementasinya jumlah dan jenis karakter yang dipilih tentu akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Hal ini tergantung pada kepentingan dan kondisi satuan pendidikan dari masing-masing sekolah.

Baca Juga:  Contoh Soal dan Jawaban UTS AL QURAN HADITS Kelas 6 SD/MI

Di antara berbagai nilai yang dikembangkan, dalam pelaksanaannya dapat dimulai dari nilai yang esensial, sederhana, dan mudah dilaksanakan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah/wilayah, yakni bersih, rapih, nyaman, disiplin, sopan dan santun.

 

Itulah uraian dan bahasan mengenai Definisi dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Perlu Kalian Tahu, semoga mudah kalian pahami dan bermanfaat.

0

Artikel Terkait

Leave a Comment