Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Dengan Benar

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email – Kemajuan teknologi pada saat ini menjadikan semua hal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, Hal ini juga dimanfaatkan oleh perusahan dalam merekrut karyawan baru.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja para calon karyawannya melalui email, Namum masih ada juga perusahaan yang mengharuskan para calon karyawannya mengirim surat lamaran kerja secara langsung.

Walaupun demikian, masih ada saja beberapa para pencari kerja yang tidak mengetahui cara mengirim lamaran lewat email dengan benar, sehingga tidak ada balasan ataupun respon dari perusahaan yang dilamar.

Oleh Sebab itu, sebaiknya teman-teman mengetahui hal hal yang penting didalam mengirim surat lamaran kerja lewat email.

Cara melamar kerja Via email saat ini sangat effisien mengingat kecanggihan teknologi yang sangat pesat, sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan

Selain menghemat dari segi waktu juga menghemat dari segi biaya pembuatan surat lamaran dimana kita harus mengeprint hingga membeli amplop yang biayanya tidak sedikit.

berikut cara mengirim lamaran via email yang baik dan benar.

 

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

 

Beberapa hal yang hari dipersiapkan sebelum mengirim lamaran Via email

  1. Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar dengan bahasa yang formal
  2. CV yang baik dan menarik
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Daftar Nilai
  5. Scan KTP
  6. Pas Photo Sesuai dengan yang diperlukan Perusahaan
  7. Scan Sertifikat yang diminta oleh perusahaan seperti ( Toelf, ISO, dan lain sebagainya )
  8. Pastikan FIle Lampiran Tidak terlalu besar
  9. Pastikan tidak mengedit/merubah file asli.

 

Cara mengirim lamaran kerja lewat email ini 90% akan berhasil Jika teman teman mengikuti langkah demi langkah yang ada di artikel ini, Kemungkinan besar lamaran kerja anda akan diterima dengan baik oleh perusahan, berikut cara mengirim lamaran lewat email.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Pasti Berhasil 2019

Tahap Persiapan mengirim lamaran kerja lewat email

 

Sebelum kita mengirim lamaran kerja menggunakan email ada beberapa persiapan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengirim lamaran via email

 

1. Persiapkan Seluruh Dokumen Persyaratan Yang Diminta

 

Pastikan agar dokumen yang diperlukan oleh perusahaan anda persiapkan dengan benar susuai dengan apa yang perusahaan butuhkan seperti Berikut ini :

  • Pas Foto Terbaru Yang Rapi
  • Scan KTP
  • Surat Lamaran Kerja
  • CV / Daftar Riwayat Hidup
  • Scan Ijazah Pendidikan
  • Scan Transkrip Nilai ( Daftar Nilai )
  • Scan Sertifikat Pendukung ( Toelf, Pelatihan, Pengalaman Kerja )
Baca Juga:  35 Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Penuh Makna dan Doa

Agar cara mengirim lamaran lewat email berhasil diterima oleh HRD, Pastikan semua berkas sudah discan, usahakan agar ukuran file tidak besar dan pastikan format file sesuai dengan apa yang butuhkan perusahaan, seperti “.doc” , “.pdf” , atau “.jpeg”

 

2. Scan Dokumen menjadi Pdf atau Jpeg

Setelah semua berkas atau dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan, selanjutnya ialah men-scan dokumen-dokumen tersebut menjadi file PDF atau juga bisa menjadi Jpeg sesuai dengan yang ditentukan oleh perusahaan.

Biasanya, Format yang lebih sering dipakai adalah file PDF.

Sehingga, pastikan bila kamu melakukan scan dokumen simpan dengan 2 format yaitu PDF dan JPEG.

Hal ini dilalukan agar bila kamu ingin melamar di perusahaan lain yang meminta format yang berbeda kamu sudah memiliki format dokumen yang berbeda.

 

3. Email Menggunakan Nama Lengkap

Bagi Teman-teman yang masih mengguankan nama aslias atau dengan tambahan kata-kata yang tidak sesusai, sebaiknya mulai dari sekarang anda merubah email anda. Misalnya aninda_manies99@gmail.com ubah menjadi anindasyahputri@gmail.com

Untuk email teman-teman bisa menggunakan Gmail dan Yahoo, Cara mengirim lamaran via email lebih baik menggunakan gmail. Namum kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar kerja.

4. Pastikan Pengiriman Dengan Email Sesuai Standar

Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja lewat email, diantaranya Email yang dituju/penerima, CC, Subjek, Body atau Isi Email dan Lampiran dengan benar

Ada baiknya ketika teman teman mengirim lamaran kerja lewat email dijam kerja yaitu diantara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentunya pastikan anda mengirim pada waktu lowongan kerja masih ada. ini bertujuan menunjukan anda pribadi yang profesional.

 

Cara Melamar Kerja Lewat Email Dengan Benar

 

Anda bisa menggunakan Smartphone dan juga Laptop/PC untuk mengirim lamaran lewat email, sebelum itu pastikan bahwa anda sudah menyiapkan file yang diperlukan oleh perusahaan.

Berikut Langkah-langkah Cara Mengirim Lamaran Lewat Email :

1. Login ke Gmail

Mungkin banyak dari teman-teman pembaca lebynet.id sudah paham bagaimana cara login ke akun Gmail sehingga ditahap ini kamu bisa melewati langkah ini.

Untuk login ke Gmail pertama kamu buka Browser kamu dari PC/Laptop.

Kemudian untuk buka google.com/mail

isi email dan password yang kamu punya.

cara mengirim lamaran lewat email

2. Klik Menu Compose

Setelah kamu berhasil login ke akun gmail kamu kemudian klik “Compose” untuk mulai membuat email.

 

3. Isi dan Pastikan Alamat Email Perusahan Sudah Benar

Pastikan teman-teman double check untuk alamat email perusahan, jangan sampai salah 1 huruf/angkat penulisan email perusahan, karena bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim ke email perusahaan.

 

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Pasti Berhasil 2019

 

 

4. Isi dan Pastikan Subjek Email Sudah Benar

 

Banyak lowongan kerja yang mengharuskan untuk mencantumkan posisi yang dilamar didalam subjek email.

Baca Juga:  30 Tempat Wisata di Lembang yang Terbaru, Hits dan Wajib Dikunjungi

Hal ini berguna untuk memudahkan perusahan untuk mengetahui email yang masuk adalah email lamaran kerja dari para pelamar kerja

Contoh Subjek Email seperti berikut:

 

Misal untuk Posisi Customer Service Representative

Teman-teman bisa mencantumkan CSR – Andinda Dwi Yati di Subjek Email

Namum contoh ini tidak bisa menjadi patokan, karena ada beberapa perusahan menginginkan subjek yang berbeda dari yang biasa, Teman-teman harus lebih teliti dalam melihat Subjek Email yang ada di lowongan kerja.

5. Tulis Lamaran Kerja di body Email

 

Tulis Surat Lamaran kerja anda di body email dengan lengkap dan singkat, jangan terlalu bertele-tele dalam menulis lamaran kerja.

cara mengirim lamaran lewat email

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Teman-teman bisa menulis surat lamran kerja dalam bentuk file .DOC kemudian masukan kedalam lampiran, dan juga bisa menulis surat lamaran kerja langsung di body email

Saya sangat menyarankan untuk menuliskan surat lamaran kerja di body/badan email, hal ini bertujuan agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kita kirim, dari pada harus mendowload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc.

 

 

6. Pastikan Melampirkan Semua Persyaratan Yang Diminta Perusahaan

 

Pastikan teman-teman melampirkan semua file yang sudah discan baik itu KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, dan lain Sebagainya sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan,

Usahakan agar file lampiran tidak lebih dari 2 MB, Perlu diperhatikan  dalam melampirkan file teman-teman harus lebih teliti, karena setiap lowongan kerja berbeda-beda dalam melampirkan file.

Ada beberapa perusahan yang menharuskan agar semua file dijadikan dalam 1 file PDF, dan ada juga perusahaan yang meminta agar file digabung jadi 1 dalam bentuk .RAR/.ZIP, jadi disini teman-teman harus lebih teliti lagi ya. Ikuti apa yang diharuskan oleh perusahaan.

 

Klik Icon attachment

 

cara mengirim lamaran lewat email

Selanjutnya pilih file yang susuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, Kemudian klik open.

 

 

7. Cek Kembali Tujuan, Isi dan Lampiran Email

Setelah semua sudah di isi baik itu alamat email perusahaan, subjek, Isi dan Lampiran, teman-teman harus memeriksa kembali semuanya, periksa apakah surat lamaran sudah sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dan yang paling penting adalah periksa apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karna kalau salah surat lamaran tidak akan terkirim.

 

7. Berdoa dan Kirim Surat Lamaran

Setelah semuanya telah lengkap sesuai dengan persyaran yang dibutuhkan perusahaan, Barulah kirim surat lamaran kerja lewat email.

cara mengirim lamaran lewat email

Jangan lupa berdoa supaya surat lamaran ada dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesusai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan

 

dan hasilnya

 

cara mengirim lamaran lewat email

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

 

Contoh surat lamaran kerja via email sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya yang membedakan ialah surat lamaran dikirim melalui Email.

Berikut contoh surat lamaran kerja via Email yang bisa anda gunakan agar anda bisa diterima kerja di perusahan.

Baca Juga:  Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil & Motor Yang Baik

 

 

Hal            : Lamaran Pekerjaan
Lampiran  : 8 Lembar

KepadaYth.
Bapak/Ibu HRDLion Air Groupdi Tempat.
Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari media sosial instagram Recruitment Lion Air Group pada tanggal 20 Februari 2019. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja di  Lion Air Group sebagai Staff Ground Operation dan Cargo Operation (GOS).

Berikut ini data singkat diri saya :

Nama                            : Andi Syahputra

Tempat & Tgl.Lahir      : Karang Rejo, 20 Januari 1996
Pendidikan akhir         : Diploma III –  Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi,                                                   Politeknik Negeri Medan,  Lulus dengan I.P.K 3.42
Alamat                         : Jl. Pendawa Dusun Cikal Bakal Desa Karang Rejo Kec. Stabat Kab. Langkat
HP                                : 085210596447
Email                            : AndiSyahputra@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komuniasi dengan baik dan mampu berkerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan pengalaman kerja didunia telkologi selama 2 tahun saya mampu berkerja menggunakan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsof Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop, Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki Pengalaman di Bidang SEO ( Search Engine Optimization ) & SEM ( Search Engine Marketing ), Internet Marketing dan dapat mengetik dengan cepat. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1.      Pas Photo Berwarna
2.      Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume ).
3.      Scan KTP.
4.      Scan Ijazah.
5.      Scan Transkrip Nilai.
6.      Scan Sertifikat Pendukung
7.      Scan Sertifikat Tolef

Demikian surat pemohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

t.t.d

Andi Syahputra, A.Md

 

Namum pada saat itu saya tidak datang mengikuti tes selanjutnya karna saya lagi di medan sedangkan ujiannya dilakukan di tanggerang.

Demikian lah cara mengirim lamaran lewat email. Ada baiknya teman-teman harus menggunakan bahasa indonesia yang baik, benar dan formal dalam mengirim surat lamaran kerja lewat email.

Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi teman teman yang sedang mencari kerja, dan semoga teman-teman bisa cepat mendapat pekerjaan yang teman-teman harapkan. Aamiin..

May peace be upon all of you.

 

 

 

0
Just Admin
Just Admin

Just ordinary blogger.

Artikel Terkait

Leave a Comment