Alokasi dan Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Alokasi dan Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD-Yuk simak, pada pertemuan kali ini mimin akan memberikan uraian dan bahasan mengenai Struktur Kurikulum Merdeka pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) Tahun 2022/2023, ikuti terus yaa. Berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 262 Tahun 2022 tentang Perubahan Kepmendikbud Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, bahwa pengembangan kurikulum di satuan pendidikan mengacu pada kurikulum merdeka untuk pendidikan anak usia dini (PAUD).

Pelaksanaan kurikulum merdeka ini diberlakukan secara bertahap dengan ketentuan untuk yang tahun pertama dilaksanakan untuk siswa dengan usia 5 sampai dengan 6 tahun, pada pendidikan ana usia dini (PAUD). Dan peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Struktur Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Simak berkut ini struktur kurikulum pada pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun berbaru yaitu 2022/2023 :

1. Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler

Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler ini dirancang agar anak bisa mendapatkan dan mencapai kemampuan yang sudah tertuang dalam capaian pembelajaran. Intisari dari Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler sendiri adalah bermain bermakna sebagai perwujudan Merdeka Belajar,Merdeka Bermanin. Kegiatan yang di pilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna untuk siswa atau anak didik. Kegiatan juga perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan bisa di hadirkan dengan dukungan teknologi serta buku bacaan.

2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar pancasila yang sudah mengacu pada standar kompetensi lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di pendidikan PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional dan internasional. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila menggunakan alokasi waktu dan kegiatan di PAUD.

Alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4 – 6 tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) menit per minggu. Alokasi waktu di PAUD usia 3 – 4 tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh) menit per minggu.

 

Berikut link file PDF Alokasi dan Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD yang bisa kalian pelajari secara lengkap : KLIK DISINI

 

Itulah uraian dan bahasan yang bisa rangkum untuk kalian mengenai Alokasi dan Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, semoga mudah di pahami dan bermanfaat untuk kalian. Semoga sukses

https://www.profitablegatecpm.com/mj7unmpf7x?key=1ac8befd612fffb4e328005a147d9d9f

About LEBY NET

Check Also

Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)

Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)

Asesmen Pasca Program Seri Guru (Merdeka Belajar)-Yuk simak buat kalian, pada pertemuan kali ini mimin …